Berita  

Coach Priska Sahanaya Mengajarkan Trik Public Speaking Persuasif di SMK Bina Karya

Foto kebersamaan Coach Priska Sahanaya dan siswa-siswi SMK Bina Karya. Sumber gambar: Dok. Pribadi.

Komunikasi Persuasif dalam Meyakinkan Audiens

Pada Mei 2024, Coach Priska Sahanaya mengadakan workshop public speaking yang bertema “The Power of Persuasion” di SMK Bina Karya. Workshop ini disambut dengan meriah oleh para siswa yang bersemangat dan penasaran terhadap cara-cara untuk memersuasi lawan bicara dan juga ketika sedang bicara di depan umum. Komunikasi persuasif merupakan cara berkomunikasi yang unik karena pembicara harus ekstra perhatian terhadap cara yang digunakannya ketika menyampaikan informasi agar pembicara dapat merubah pikiran, meyakinkan, dan membujuk pendengarnya untuk menyetujui dan mengikuti ajakan dari pembicara. Dalam usaha meyakinkan pendengarnya, seorang pembicara perlu menunjukkan kehebatannya dalam melakukan public speaking.

Pada sesi workshop, Coach Priska Sahanaya memaparkan tentang salah satu contoh komunikasi persuasif yang paling umum bagi siswa-siswi, yaitu Iklan-iklan produk di televisi. Pada awal iklan, biasanya dimunculkan permasalahan yang dihadapi oleh bintang iklan. Lalu produk yang diiklankan melalui visual dan dialognya menjadi solusi bagi permasalahan sang bintang iklan, dan kemudian sang bintang iklan terlihat senang dan puas di akhir iklan karena permasalahannya telah diselesaikan dengan menggunakan produk yang diiklankan. Coach Priska Sahanaya pun melemparkan pertanyaan pada para siswa-siswi tentang bagaimana cara-cara yang sering siswa-siswi lakukan ketika perlu membujuk orang lain untuk memenuhi keinginan yang mereka miliki. Para siswa aktif berpartisipasi untuk mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

Baca Juga:  Terra Drone, Unifly, dan Aloft Technologies Meluncurkan Pengembangan UTM untuk Advanced Air Mobility (AAM) yang Menargetkan Pasar Global

Kompetisi Public Speaking di Acara Workshop

Coach Priska Sahanaya bersama siswa yang mendapatkan poin terbanyak dan memenangkan medali di acara workshop. Sumber gambar: Dok. pribadi.

Di sela-sela penjelasannya, Coach Priska Sahanaya selalu mengajak para siswa-siswi untuk aktif menjawab pertanyaan-pertanyaannya dan juga menantang para siswa untuk mempraktikkan komunikasi persuasifnya dengan sesama siswa. Tiap kali siswa aktif berpartisipasi, siswa tersebut akan mendapatkan poin yang akan diakumulasikan di akhir acara untuk memenangkan hadiah dan medali dari Coach Priska Sahanaya.

Testimoni Siswa

Salah satu siswi bernama Michelle merasa sangat terbantu dengan workshop public speaking karena kemampuan public speaking sangat bermanfaat di banyak aspek kehidupan sosialnya, “Public speaking itu sangat penting karena pastinya aku sekolah di SMK. Nah itu, public speaking berguna buat masa depan, buat di dunia kerja, dan buat interview juga perlu public speaking. Buat organisasi juga perlu public speaking dan sebagainya,” kata Michelle.

Olivia, salah satu siswi SMK Bina Karya, juga menambahkan, “Public speaking itu penting karena bakal kita pakai untuk dunia kerja nanti. Misalnya kayak kita bekerja sebagai guru pasti butuh public speaking,” ujar Olivia.

Michelle dan Olivia merasa workshop yang dijalankan sangat berkesan karena keunikan dan keinteraktifannya, terlebih karena mereka senang mendapatkan nasihat, tips dan trik dalam melakukan public speaking dan juga senang dengan cara Coach Priska Sahanaya mengajak partisipasi para siswa yang aktif menjawab dengan memberikan poin.

Baca Juga:  VRITIMES Membangun Kemitraan Media Strategis dengan GayoToday.com, Abdyanews.com, dan TeropongSelatan.com

Testimoni Guru

Penyerahan plakat dari Ibu Simpatinggi kepada Coach Priska Sahanaya yang telah mengisi acara workshop public speaking. Sumber gambar: Dok. pribadi.

Ibu Simpatinggi, selaku salah satu guru di SMK Bina Karya, berpendapat, “Hasilnya (workshop) sangat bagus. Anak-anak kami kelas 11, khususnya jurusan DKV memang memerlukan public speaking ini,” kata Bu Simpatinggi.

Bapak Andi Candrasihi, selaku guru kesiswaan SMK Bina Karya, menyadari bahwa rasa takut untuk bicara di hadapan banyak orang merupakan rasa takut yang umum dialami oleh sebagian orang. Kehadiran Coach Priska Sahanaya yang mengadakan workshop public speaking ini menurutnya sangat membantu untuk kemajuan anak-anak bangsa.

Harapan Coach Priska Sahanaya

Coach Priska Sahanaya berharap workshop public speaking yang diadakannya ini dapat menginspirasi siswa-siswi SMK Bina Karya untuk menjadi pribadi yang lebih percaya diri lagi dan mampu untuk berani dalam mengeskpresikan pemikiran dan perasaannya secara bijak. Selain itu, Coach Priska Sahanaya juga berharap guru-guru SMK Bina Karya dapat terus semangat dalam memberikan motivasi dan pengajaran yang inovatif untuk memberikan pendidikan akademik dan holistik bagi siswa-siswi SMK Bina Karya.

Kini, setelah membawakan acara workshop pada ratusan ribu peserta di ratusan sekolah, Coach Priska Sahanaya meneruskan program Workshop Public Speaking untuk 1000 sekolah dari tingkatan pendidikan SD, SMP, SMA dan SMK di Jakarta. Program ini dijalankan Coach Priska Sahanaya sebagai partisipasinya untuk ikut serta dalam membentuk karakter anak bangsa yang aktif dan berani untuk melakukan public speaking.  Coach Priska Sahanaya berharap dengan diadakannya workshop public speaking ini dapat meningkatkan kesadaran siswa-siswi terhadap pentingnya kemampuan public speaking yang akan berguna bagi masa depan siswa-siswi dalam kehidupan sosial dan karirnya kelak.

Baca Juga:  Kementerian Perdagangan bersama Telkom Group dan Asosiasi Game Indonesia Adakan Event untuk Penggiat Game di Bandung

Pendaftaran

Mau sekolah Anda mendapatkan public speaking dari coach Priska sahanaya? Yuk daftarkan sekarang juga melalui nomor di bawah ini:

Coach Priska Sahanaya
081389608249

Nama penulis: Anggi Tresna Santika

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES